Kamis, 09 Februari 2012

SEMAPHORE


Semaphore ini berguna untuk mengirimkan dan menerima berita dengan menggunakan media bendera yang berjumlah 2. Jika agan masih binggung mengenai bendera Semaphore dan sejarahnya. Bisa deh tenggok ini gan…

Pada masa lalu, sebelum ditemukan dan dikembangkan telegraph dan komunikasi radio, bendera digunakan sebagai tanda (signal). Namun seiring berkembangnya teknologi komunikasi, maka bendera hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Seperti untuk kecakapan dalam gerakan pramuka.

Adapun Semaphore adalah cara mengirimkan berita dengan mempergunakan sepasang bendera. Bendera yang digunakan biasanya berukuran 45 x 45 cm, dan warnanya harus kontras atau mencolok, hal ini bertujuan agar bendera dapat mudah dilihat dari jarak yang cukup jauh. Warna bendera semaphore adalah merah dan kuning, biasanya bendera terbuat dari kain. Bagian atas berwarna merah, dan bagian bawahnya berwarna kuning. Panjang tongkat bendera yang digunakan berkisar antara 50-55 cm.


Abjad dan angka semaphore terdiri dari beberapa sikap tangan kiri serta tangan kanan. Bendera harus dipegang sedemikian rupa, sehingga tongkatnya seperti sambungan tangan kita. Semua pergerakan menggunakan bahu, sehingga kedua tangan tetap lurus.

Untuk belajar semaphore, hendaknya dilakukan berdua bersama teman, agar jika terdapat kesalahan, bisa saling mengoreksi satu sama lain. Namun jika tidak ada, hendaknya seseorang berlatih di depan cermin.

Berikut Susunan Huruf dan angka Semaphore:

Share

TwitterDeliciousFacebookDiggStumbleuponFavoritesMore