Senin, 09 Januari 2012

World Organization of the Scout Movement



Sejarah Singkat WOSM
Gerakan Kepanduan Dunia (World Organization of Scout Movement-WOSM) merupakan sebuah NGO, sesuai dengan konsititusi WOSM bab II pasal 4 ayat 1 yang menyatakan “The organization of the Scout Movement at world level is governed by this Constitution under the title of ‘The World Organization of the Scout Movement’…, as an independent, nonpolitical, non-governmental organization.”.
WOSM didirikan oleh Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (of Gilwell) , 1st Baron 9 (untuk selanjutnya disebut sebagai Baden Powell atau disingkat BP-Penulis) pada tahun 1907.10 Gerakan Kepanduan berangkat dari keprihatinan Baden Powell yang melihat efek negatif dari perang yang membuat banyak keluarga menderita. Tema yang paling sering muncul dalam buku-buku dan pidato-pidato BP adalah ide untuk menjadikan gerakan Kepanduan sebagai Persaudaraan di seluruh dunia, Worldwide Brotherhood. Sebuah organisasi yang mampu menginspirasikan kepada generasi muda untuk menciptakan rasa toleransi, kebersamaan, kesatuan, pengertian, kesetaraan dan keadilan di dunia ini. BP melalui tulisannya dalam buku
“Aids to Scoutmastership” menekankan betapa pentingnya nilai persaudaraan, sebuah nilai yang tidak mengindahkan perbedaan kelas, kepercayaan, kewarganegaraan dan warna kulit. BP menulis “Scouting is a brotherhood-ascheme which in practice, disregards differences of class, creed, country and color”

arti lambang WOSM antara lain:
  1. Kompas : Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
  2. Treefoil / Bunga dengan Tiga Ujung : Melambangkan tiga janji Pandu / Scout Promise
  3. Dua Bintang : melambangkan anggota Pandu/ Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  4. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.
  5. Warna :  Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambngkan bahwa Pandu/ Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.

Share

TwitterDeliciousFacebookDiggStumbleuponFavoritesMore